Permasalahan pada keyboard dan solusinya

 
Keyboard Komputer adalah sebuah alat papan ketik terdiri dari beberapa tuts pada umumnya terdiri dari 85 sampai 120 buah tuts untuk menuliskan huruf (A, B, C sampai Z), angka (0, 1, 2 sampai 9) dan juga simbol-simbol (!, @, #, $, %, ^, dll) serta tombol-tombol khusus seperti (F1, F2 ESC dll) ke komputer yang akan ditampilkan di layar monitor komputer.



Keyboard Komputer pertama kali dibuat pada tahun 1868 oleh Christopher Lathamoleh, yang pada dasarnya desain Keyboard Komputer itu disesuaikan dengan Mesin Ketik. Keyboard Komputer mulai diperjualbelikan oleh Peruhanaan Remington pada tahun setelah penemuan yaitu tahun 1877.




Jenis-Jenis Keyboard Komputer berdasarkan cara koneksi ke komputer (Port) dapat digolongkan menjadi 4 yaitu :
-Serial, PS/2, USB dan Wireless seperti gambar berikut :
Jenis Keyboard Serial

Jenis Keyboard PS/2

Jenis Keyboard USB
Jenis Keyboard Wireless


Jenis-Jenis Keyboard Komputer berdasarkan susunan tombolnya terdiri atas : 
  1. QWERTY
  2. DVORAK
  3. KLOCKENBERG
  4. CHORD
  5. MALTRON
  6. Proyeksi

Permasalahan yang umumnya terjadi pada Keyboard :
  • Keyboard tidak terdeteksi oleh PC dan muncul pesan kesalahan “Keyboard error or no keyboard present”.
    Pesan Keyboard Error
    Solusinya : 
  • Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU. Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat. Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah keyboard yang digunakan rusak.  Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa saja port keyboard di motherbord yang rusak.
  • Tombol keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus.
    Solusinya : Perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan vacuum cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard dilepas dari portnya.

0 komentar: