Tips Merawat Printer Canon IP2770




Pada dasarnya tips ini dapat kita terapkan ke semua jenis printer. hanya saja saya memfokuskannya pada printer canon IP2770.
Nih tips-tipsnya sobat :
1. Usahakan untuk mencetak setiap hari
            Minimal dinyalakan saja setiap hari. Ini berguna agar tinta tidak mengendap di cartridge yang membuat tinta tidak bisa keluar. Jika sudah terlanjur mengedap, kita coba merendam catridge di air hangat sampai tinta yang mengendap keluar. lalu bersihkan,  dan printer bisa digunakan kembali. 


2. Jangan mencetak dalam jumlah banyak sekaligus
           Misalkan kita mencetak 300 lembar, jangan langsung mencetak semuanya dalam 1 kali perintah. Karena hal ini bisa membuat cartridge cepat panas. Kita bisa mencetak 10 atau 20 lembar, kemudian printer di istirahatkan sebentar, selama 10 atau 15 menit. Baru kita gunakan lagi.

3. Jangan terlalu sering melakukan cleaning
            Hal ini akan membuat tinta menjadi boros, karena pada dasarnya cleaning itu menyedot tinta dari cartridge.

4. Bersihkan bagian printer secara teratur
           Bersihkan bagian-bagin printer secara teratur, satu bulan sekali atau satu minggu sekali. Hal ini akan mencegah benda asing masuk, yang bisa merusak printer.

5. Jangan sering ganti merk tinta
          Hal ini dapat merusak cartridge, karena berdasarkan pengalaman, merk tinta yang berbeda bisa membuat tinta tidak bercampur dengan tinta yang kita gunakan sebelumnya, karena masing-masing brand tinta memiliki tingkat kekentalan yang berbeda.

Sedikit tips tapi kalau kita mau mencoba dan mencari tips-tips lain mungkin dapat berdampak besar, Sekian, terima kasih.

0 komentar: