Game yang Bikin Belajar Pajak Makin Asyik


Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menyetorkan pajak, diperlukan adanya edukasi perpajakan. Namun, bagi kebanyakan orang, edukasi identik dengan suasana yang membosankan, sehingga masyarakat tidak tertarik untuk mempelajari perpajakan lebih lanjut.

Karena hal itulah, seorang mahasiswa program studi Pendidikan Akutansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Yogyakarta (UNY), Asriatun mengembangkan media pembelajaran pajak yang unik.
Media tersebut dikemas dalam bentuk Role Playing Game (RPG) yang dinamakan Taxcellent. Sesuai bentuknya, Taxcellent bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dan masyarakat untuk lebih mengenal pajak dengan cara yang menyenangkan.
Asriatun menjelaskan bahwa selama ini pajak hanya diajarkan secara monoton, dan untuk mempelajarinya, mahasiswa atau masyarakat dipaksa untuk menghafalkan. Dengan game ini, diharapkan objek pajak menjadi lebih cepat paham tanpa merasa bosan.
Dengan menggunakan software RPG Maker XP, Asri menyusun permainan Taxcellent tersebut. Ide dasar dari permainan itu, para pemain diharuskan menyelesaikan misi-misi perpajakan yang sudah ditentukan.
Untuk bisa naik ke level selanjutnya, pemain harus memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Ini bisa dilakukan dengan cara mengerjakan soal-soal yang diberikan selama permainan. Untuk bisa mengerjakan soal, materi tentang soal tersebut akan diberikan sebelumnya dengan cara-cara yang menarik, seperti bertemu orang-orang, membuka peti, belajar di sekolah.
Mahasiswa yang baru saja diyudisium pada 29 April 2014 itu mengaku butuh waktu empat bulan untuk menyelesaikan pembuatan Taxcellent. Kesulitan yang dialami ketika Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) justru menginspirasi Asri untuk melahirkan permainan tersebut karena pada saat PPL ia merasa kesulitan menjelaskan materi perpajakan. Atas pengalaman itulah ia mencoba membuat permainan ini dan mengujikannya ke siswa SMKN 1 Godean, dan mendapat hasil yang baik.
Sumber: okezone

0 komentar: